GERHANA VENUS 16 Mei 2010

Posted by Gina Souizu 기나♥ - -



Subhanallah....

cantik bgt!!

mlm ini ceritanya gw pergi ma sodara gw ada urusan kira2 jam 7an mlm..
gw cinta bgt sm yg nm nya bulan..kalo gw keluar pasti gw natap kelangit..pas gw mo nutup pintu pagar rmh gw, gw liat bulannya cantiiik bgt....(pas masih berbentuk sabit) tp gw curiga kok agak aneh...dibalik sinar sabitnya kok da sesuatu gitu..gw teriak ke nyokap...bulannya keren bgt! terus nyokap (yg emg smpt bc berita sore) bilang..mlm ini mmg ada gerhana venus...

wah-wah...

sepanjang jalan jendalanya gw buka lebar2..gw pandangin teruuuus...
ampe bulannya g keliatan lg..(g tw mkn uda masa penghabisannya)

pas gw balik ke rumah gw cek2 info mbah google..
bener!!! ternyata gerhana ini bisa diliat di Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, Aceh dan Palembang.Di Pulau Jawa, gerhana itu bisa dilihat dari semua wilayah termasuk pesisir utara dan selatan. Untuk wilayah Kalimantan, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Ketapang, dan Palangkaraya. Sementara Sulawesi meliputi Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, dan Ujung Pandang. Wilayah lainnya antara lain, Bima, Denpasar, Mataram, Natuna, dan Ternate..

gerhana ini terjadi pada saat posisi bulan, planet bumi, serta planet Venus sejajar. Dari bumi, planet Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh Bulan.


"Gerhana Venus merupakan peristiwa langka yang berulang dalam kurun puluhan tahun. Saat itu posisi bumi, bulan, dan planet Venus sejajar.

Dari bumi, planet Venus yang berada di atas bulan sabit sebelah kiri, perlahan-lahan menghilang seperti sembunyi di balik bulan. Venus akan muncul lagi di sebelah kiri bawah bulan. Kalangan astronom menyebutnya okultasi."

Leave a Reply